Om
dan tante sekalian, meskipun kita sudah bisa dan biasa mengendarai
motor selama bertahun-tahun, tapi rupanya belum tentu teknik berkendara
yang kita gunakan itu benar. Itu juga berlaku untuk saya. Hehe..
Nah,
kali ini Instruktur Safety Riding Main Dealer Honda Jawa Barat PT Daya
Adicipta Mustika (DAM) Aldea Henry seperti dilansir oleh detikOto,
memberikan tutorial mengenai posisi tangan dan kaki yang benar saat riding. Bagaimana caranya?
Menurut
Aldea, posisi tangan yang benar saat mengendarai motor adalah mengepal
dengan penuh di stang. Jangan sampai ada jari tangan yang keluar dari
kepalan stang. Nah lho!
Sudah pada mahfum kan kalau sebagian besar dari kita memposisikan jari tangan kiri di tuas kopling (untuk motor sport) dan jari tangan kanan standby
di tuas rem. Pertimbangannya adalah agar tangan selalu siap dan
menghasilkan reflek yang baik ketika ada hambatan di depan. Ternyata itu
salah lho! Posisi jari tangan siap menekan tuas kopling dan rem malah
akan membuat kontrol kita terhadap motor menjadi berkurang. “Kalau tidak
menggunakan rem, usahakan tangan mengepal di stang dengan full. Jadi handling akan full,” ujarnya.
Selain itu, jika ada jari yang standby di tuas rem, kemungkinan rider
akan sering reflek atau bahkan tidak sengaja menarik tuas rem. Itu akan
menghidupkan lampu rem belakang yang bisa membuat pengendara lain di
belakang menjadi kagok. “Kalau bisa, tangan lebih baik full di stang untuk memaksimalkan keseimbangan motor. Karena keseimbangan sepeda motor semuanya ada di stang,” katanya lebih lanjut.
Sementara
itu, jika sebagian jari tangan terus-menerus memegang tuas kopling,
sering kali secara nggak sadar tangan kita ini menarik tuas kopling
tersebut. Itu akan menyebabkan pemborosan pada kampas kopling. Jadi
lebih baik tangan terus berada di stang jika tidak perlu memerlukan
penggunaan kopling atau rem.
Menurut pandangan saya pribadi, cara seperti ini sangat cocok digunakan ketika dalam perjalanan jarak jauh, seperti saat touring,
atau ketika jalanan memang nggak terlalu padat. Coba kalau jalanan
macetnya kayak Jakarta atau Surabaya, modyaaar wes.. Susah mau pakai
cara seperti ini. Tangan dijamin keriting narik tuas kopling dan rem
terus-terusan.
Bagaimana untuk posisi kaki? Yang benar itu posisi paha harus menjepit tangki bahan bakar. Ini berlaku untuk motor sport sih. Dengan posisi ini rider
bisa dengan mudah menjaga keseimbangan motor dengan maksimal, meskipun
melalui jalan berlubang sekalipun. Selain itu, posisi telapak kaki harus
standby di pedal rem dan transmisi.
Bagaimana om dan tante? Sudah memposisikan tangan dan kaki dengan benar saat riding? Saya sih belum . Saya terbiasa menempatkan dua jari untuk standby
di tuas kopling dan dua jari di tuas rem. Heuheuuu.. Tapi sekarang
mulai membiasakan diri untuk secara penuh tetap berada di stang saat
kopling dan rem tidak digunakan.
Sumber: http://klxadventure.com/2014/11/29/ternyata-begini-tho-posisi-tangan-dan-kaki-yang-benar-saat-riding/
0 komentar:
Posting Komentar