Our Website

Social Share

Home » , , , , , , » Mengenal Glen Helen Raceway, Salah Satu Sirkuit Legendaris Motorcross

Mengenal Glen Helen Raceway, Salah Satu Sirkuit Legendaris Motorcross


Motocross adalah salah satu olahraga otomotif favorit di Amerika serikat. Semuanya berawal ketika Edison Dye, membawa olahraga ini ke tanah Paman Sam di dekade 60an dari Eropa. Dan di tahun 1972 popularitas motocross semakin dahsyat sehingga melahirkan sebuah kejuaraan yang bernama AMA Motocross National. Sebuah kejuaraan yang kemudian mengubah wajah olahraga ini menjadi sebuah olahraga ekstrim berkat keberanian para pembalapnya.
Nama-nama seperti Brad Lackey, Bob Hannah, Tony DiStefano, Broc Glover, Mike Kiedrowski hingga Ryan Villopoto dan Ryan Dungey menjadi legenda bagi kancah motocross Amerika. Setiap pembalap menjadi besar karena keberhasilan mereka di atas sirkuit balapan dan salah satu sirkuit yang dianggap legendaris bagi perkembangan motocross di Amerika serikat adalah Glen Helen Raceway. Kendati baru digunakan sejak tahun 1985 untuk beragam kegiatan lomba offroad, namun sirkuit yang terletak di kawasan San Bernardino, California dianggap sebagai salah satu sirkuit motocross tersulit serta yang pernah ada. Sirkuit ini terletak di utara San Bernardino di sebuah area bernama Devore. Area yang terletak membelakangi penggunungan ini terbukti menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi mereka yang berlomba.
Namun yang membuat sirkuit ini begitu istimewa adalah tanjakan setinggi 60 meter di punggung Gunung St Helen serta turunan curam yang kemudian mengikutinya. Glen Helen Raceway juga memiliki rintangan alam yang luar biasa, mulai dari undakan tanah serta pasir pegunungan hinggal tikungan yang memerlukan skill tinggi dari para pembalap.
Kendati demikian lintasan ini baru menggelar kejuaran besar pertamanya pada tahun 1991, saat itu United States World Championship Motocross digelar dan Glen Helen Raceway mulai mencuri perhatian para pecinta dunia otomotif dengan beragam drama serta ketegangan yang terjadi di lintasan sepanjang 2,5 kilometer ini.
Nama-nama seperti Mike LaRocco, Jeremy McGrath, Ricky Carmichael, James Stewart Jr., Ryan Villopoto, Ryan Dungey, Eli Tomac dan Ken Roczen pernah menjadi juara di Glen Helen Raceway. Hingga saat ini Glen Helen Raceway masih rutin menggelar beragam kejuaran motocross dan olah raga offroad lainnya, baik itu ditingkat internasional, nasional ataupun regional.
Hebatnya lagi, apapun even dan tingkatan kompetisinya, setiap perlombaan yang digelar di Glen Helen Raceway tidak mengenakan tiket masuk bagi anak dibawah usia 5 tahun. Hal ini untuk merangsang minat para generasi muda untuk meneruskan tongkat estafet olahraga otomotif ini di masa mendatang.
Untuk aksesori MXGP official silakan kunjungi kami disini
Sumber: https://goo.gl/HZhLnf

0 komentar:

Posting Komentar

Search